5 Pengobatan Rumah Instan Untuk Masalah Lambung

  • Bagikan
5 Pengobatan Rumah Instan Untuk Masalah Lambung
5 Pengobatan Rumah Instan Untuk Masalah Lambung

Menjadi seorang foodie adalah sifat umum di antara orang India dan begitu juga masalah lambung. Gangguan pencernaan, gas, kembung, cegukan, mulas, sakit perut, bisul, dan mual adalah beberapa ciri umum dari masalah lambung. Ini pada dasarnya adalah hadiah yang sering diterima dari gaya hidup tidak sehat, termasuk pesta makan, merokok, minum alkohol, gangguan tidur, makan sampah, stres, dll. Memamerkan hadiah ini dapat menempatkan seseorang ke dalam situasi yang memalukan.

Karena ketidaknyamanan, seseorang tidak dapat meninggalkannya tanpa pengawasan. Juga, seseorang tidak dapat berkonsultasi dengan dokter atau mendekati apotek begitu sering untuk masalah umum seperti itu. Jadi, berikut adalah beberapa pengobatan rumah untuk bantuan instan dari masalah lambung.

1. Teh untuk Menjinakkan Perut

Banyak yang bisa terjadi dengan secangkir teh. Meskipun, menargetkan akar penyebab masalah lambung adalah pendekatan terbaik. Tetapi jika bantuan cepat diperlukan dari masalah perut ringan dan serangan ketidaknyamanan sementara, maka inilah secangkir teh hangat untuk menyelamatkan hari seseorang.

Teh penghilang rasa sakit semacam itu dapat disiapkan dengan menyeduh air satu atau beberapa ramuan yang biasa ditemukan di inventaris dapur, seperti yang tercantum di bawah ini. Dalam beberapa kasus, seseorang juga dapat menambahkan madu ke dalamnya.

a. Adas

Itu dibuat dengan merebus biji adas hijau yang indah, yang secara lokal disebut saunf, dalam secangkir air selama 3-5 menit. Ini membantu secara instan dalam meredakan kembung, mulas, gas, kolik pada bayi dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, ia juga menunjukkan sifat antibakteri dan dapat meredakan ketidakteraturan usus.

b. Teh Chamomile

Itu dibuat dengan merebus bunga chamomile kering seperti daisy. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan pikiran. Minum sebelum makan dan sebelum tidur dapat mengurangi gangguan pencernaan, kembung, gas yang terperangkap dan meredakan kram perut

BACA JUGA  Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Tana Toraja Sukses Digelar, Ini Juaranya!

c. Teh jahe

Itu dibuat dengan merebus sepotong akar jahe segar dalam air. Kandungan utama dalam jahe adalah gingerol yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Minum sebelum atau dengan makan merangsang sekresi air liur, cairan lambung dan produksi empedu, menetralkan asam lambung

Bahan lain, seperti ajwain (biji karambol), jintan (shahi jeera), licorice (mulethi), dan kemangi (tulsi) juga dapat diseduh dalam air dan dikonsumsi untuk meredakan masalah lambung, seperti gangguan pencernaan, gas, kembung, kram dan mual.

2. Minuman untuk Menyegarkan Perut

Selain teh, menyeruput minuman jenis lain juga dapat meredakan masalah lambung. Beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.

a. Susu dingin

Minum segelas susu dingin, bebas lemak dan tanpa gula memberikan bantuan instan dari sensasi terbakar yang dirasakan selama keasaman atau refluks asam. Ini mengandung kalsium yang tidak hanya menetralkan asam tetapi juga mengekang dan mencegah produksinya.

b. Mentega susu

Minum buttermilk dingin sebelum atau selama makan adalah obat rumah kuno terhadap gas perut. Ini membantu dalam menetralkan asam lambung dan mencegah asam dari iritasi dan merusak lapisan lambung. Juga, ini adalah minuman probiotik alami yang merangsang pencernaan, mencegah pembentukan gas dan mengurangi kembung. Anda juga dapat menambahkan sejumput bubuk jinten panggang dan garam hitam ke dalam buttermilk untuk lebih meningkatkan efektivitasnya terhadap masalah lambung. Bahkan pasien yang tidak toleran laktosa dapat dengan mudah mencernanya.

c. jus mint

Satu sendok teh jus mint atau teh mint atau chutney mint adalah obat cepat untuk menghilangkan gas yang terperangkap dan meredakan sakit perut karenanya.

d. Minuman Lemon

Mengkonsumsi air lemon atau teh lemon adalah obat yang luar biasa untuk mendapatkan bantuan instan dari masalah lambung. Anda juga dapat menambahkan air lemon, sejumput garam hitam, bubuk biji jintan panggang dan ajwain untuk meningkatkan rasa dan manfaatnya dan dengan demikian, menjadikannya minuman yang enak untuk memuaskan perut. Menambahkan sejumput soda kue ke segelas air lemon juga terbukti bermanfaat dalam mengurangi keasaman dan meningkatkan pencernaan.

BACA JUGA  Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Tana Toraja Sukses Digelar, Ini Juaranya!

e. Minuman lainnya

Meminum cuka sari apel atau minyak cengkeh (2-5 tetes) dalam minuman, seperti air atau teh sebelum atau sesudah makan juga dapat membantu meredakan masalah lambung.

3. Lendir untuk Melindungi Perut

Lendir adalah zat berlendir dan licin yang ditemukan pada tumbuhan tertentu. Zat mucilaginous membengkak dalam air dan rasanya hambar. Ketika dikonsumsi, mereka membentuk lapisan pelindung di atas lapisan yang meradang atau permukaan perut yang sakit yang tidak hanya melindunginya dari kerusakan lebih lanjut oleh asam tetapi juga membantu penyembuhannya. Beberapa contoh tercantum di bawah ini:

a. Ispaghula atau Psyllium Husk

Ispaghula, umumnya dikenal sebagai isabgol, sangat membantu mengatasi masalah lambung. Mengkonsumsinya dengan dadih membantu meredakan sakit perut, gangguan pencernaan dan mencret. Mengkonsumsinya dengan susu dingin membantu dalam mengobati gejala refluks asam. Mengambil isabgol dengan bantuan susu panas dalam mengobati sembelit.

b. Biji Chia

Biji chia memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu dalam mengobati gejala refluks asam. Selain itu, mereka juga kaya nutrisi, serat dan asam lemak omega-3. Ini dapat ditambahkan (setelah direndam dalam air) ke minuman dingin, smoothie, jus buah, yoghurt, bubur, puding, dll dan dikonsumsi.

4. Bubuk untuk Menenangkan Perut

Orang dengan sakit perut, gas, keasaman, mulas dan masalah lambung lainnya juga bisa mendapatkan bantuan dengan langsung mengkonsumsi bubuk bahan dari persediaan dapur, seperti biji adas, karambol, jintan, ketumbar dll. Beberapa contoh tercantum di bawah ini:

Mengkonsumsi bubuk yang mengandung kapulaga hijau, biji adas dan gula murni dalam porsi yang sama dalam segelas susu dingin dapat memberikan bantuan instan saat mengalami mulas atau keasaman.

Demikian pula, seseorang juga dapat menghilangkan keasaman dengan mengonsumsi bubuk halus yang mengandung biji jinten, biji ketumbar dan gula dua kali sehari dengan air.

BACA JUGA  Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Tana Toraja Sukses Digelar, Ini Juaranya!

5. Topikal untuk Meringankan Perut

Dalam kasus, di mana seseorang tidak dapat minum atau tidak ingin mengonsumsi apa pun, pendekatan berikut dapat bermanfaat dalam meredakan gejala masalah lambung secara instan.

a. Pijat Asafetida

Memijat perut dengan lembut dengan air asafetida yang disiapkan dengan mencampurkan asafetida, yang biasa dikenal sebagai Hing, dengan beberapa tetes air hangat dapat membantu meredakan sakit perut akibat gas.

b. Pasta Pereda Sakit Perut

Ini dibuat dengan mencampur campuran bubuk halus yang mengandung jahe kering (sonth), lada panjang (pippal), lada hitam (kali mirch), asafetida (hing) dan garam batu (sendha namak) dengan beberapa tetes air. Menerapkan pasta ini pada perut selama dua jam setelah pemanasan ringan dapat memberikan bantuan dari sakit perut karena gas.

Pengobatan rumahan yang disebutkan di atas dapat memberikan bantuan instan dari serangan gas sesekali dan gejala lain dari masalah lambung. Namun, jika tips ini gagal memberikan banyak bantuan maka seseorang harus segera mencari bantuan medis.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *